Beranda » Buletin » Dana BOS MI MTs 2013 Belum Cair

Dana BOS MI MTs 2013 Belum Cair

DANA BOS MI MTS 2013

Kejadian seretnya pencarian dana BOS MI MTS 2012 kembali terjadi pada awal triwulan tahun ajaran 2013/2014. Kali ini justru lebih buruk. Tahun 2012, dana triwulan pertama dapat cair pada bulan April; namun tahun 2013 ini, sampai hari ini (tanggal 1 bulan Mei 2013), dana BOS untuk MI MTS belum juga cair.

Pada tanggal 29 April 2013 harian Republika mengabarkan:

Ribuan guru dan kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan madrasah tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Indramayu mengeluhkan belum cairnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Penundaani itu menyebabkan honor yang menjadi hak mereka sejak Januari 2013 belum dibayar. Hal itu diungkapkan salah seorang guru sebuah MI yang enggan disebut namanya. Dia menyatakan, teman-temannya sesama guru madrasah saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

PENYEBAB BELUM CAIRNYA DANA BOS

Penyebab tidak lancarnya dana hingga masuk triwulan kedua adalah sama dengan yang terjadi pada tahun 2012 yakni karena masih dibintangi oleh DPR. Menurut Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Drs. H. Saeroji, M.M, “Kuncinya ada di DPR karena masih memeberikan tanda bintang pada pos BOS atau diblokir sehingga tak bisa dicairkan sama sekali. Kalau tanda bintangnya dihapus baru bisa ada pencairan anggaran.”

Konon, dana triwulan pertama akan dirapel dengan dana BOS triwulan kedua pada pertengahan Mei 2013. Betul atau tidaknya masih perlu dibuktikan.

Kepada para Kepala Sekolah MI dan MTS swasta, apa yang terjadi dengan sekolah anda saat dana ini terlambat? Silahkan tulis komentar Anda.

KRONOLOGI DANA BOS MI MTS 2012 TRIWULAN I

Alkhoirot.net, Alhamdulillah semua dana BOS untuk MTS di bawah kemenag sudah cair secara lengkap. Untuk triwulan terakhir sudah keluar pada medio November 2013.

Semoga untuk tahun 2013 dapat berjalan lancar dan tidak lagi dibintangi oleh DPR sehingga merepotkan Yayasan yang untuk menggaji guru mengandalkan BOS.

Dan semoga juga dana BOS untuk Madrasah Aliyah (MA) dapat mulai cair pada tahun 2013.

***

Selasa, 10 April 2012 jpnn.com melaporkan bahwa Dana BOS Triwulan I baru cair 11,52 persen. Lambatnya proses penyaluran ini disebabkan karena memang ada keterlambatan penyaluran. Penyaluran baru dimulai pertengahan Maret 2012 lalu.

Diperkirakan penyaluran Dana BOS Triwulan I akan selesai pada akhir Juni atau awal Juli 2012. “Kalau akhir April bisa 25 persen, berarti jangka 2 bulan bisa 100 persen,” tukas Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Nursyam seperti dikutip jpnn.com.

Apakah Dana BOS sudah cair di provinsi Anda? Silahkan tanya ke Kemenag wilayah masing-masing.

***

Sabtu, 24 Maret 2012 Dana BOS akhirnya cair dan para guru MI MTS untuk kawasan provinsi Banten sudah menerima.

“Sekarang honor sudah dibayar. Tentu kita senang karena menerima insentif untuk triwulan pertama ini,” kata Narayana, guru honorer di sebuah MTs di Kabupaten Pandeglang seperti dikutip Kompas.com.

Untuk provinsi lain di luar Banten seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dll silahkan menghubungi kantor Kemenag masing-masing untuk konfirmasi.

***

Update Rabu 21 Maret 2012: Pikiran Rakyat melaporkan bahwa pada hari ini Dana BOS untuk MI MTS (Madrasah Ibtidaiyah Tsanawiyah) sudah bisa dicairkan untuk wilayah provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulillah BOS yang ditunggu-tunggu akhirnya bisa cair juga karena MI sudah hampir kehabisan napas,” kata Ketua Korwil MI Cangkuang, Drs. O. Solihin.

Belum ada berita kapan cairnya dana BOS untuk wilayah provinsi Jawa Timur.

***

Update 15 Maret 2012: Menurut Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, Ismail Usman dana BOS untuk MI MTS akan segera cair. “Senin depan (19 Maret 2012 – red), paling cepat dananya sudah masuk ke rekening sekolah” kata Ismail Usman seperti dikutip Padang Express.

Untuk provinsi Jawa Timur, khususnya kabupaten Malang, sampai tulisan ini ditulis (20 Maret 2012) dana BOS masih belum juga cair.

Namun, dari informasi terbaru tersebut tampaknya dana BOS dapat dipastikan akan cair dalam bulan Maret ini. Atau paling tidak awal bulan April 2012.

***

Update 8 Maret 2012: Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag/Depag), Prof. Dr. Nur Syam memastikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk MI MTS (Madrasah Ibtidaiyah Tsanawiyah) akan cair minggu depan (sekitar 12 Maret 2012).

“Hari ini anggaran-anggaran yang dibintangi (oleh Komisi VIII DPR – red), sudah selesai. Kemenkeu sudah meng-acc pengucuran dana BOS, infratruktur penunjang sudah siap.” ungkap Nur Syam usai rapat koordinasi di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (6/3) seperti dikutip berbagai media.

Sempat tersebar rumor bahwa tanda bintang ini muncul akibat pertentangan politik antara komisi VIII DPR dengan Kemenag.

***

2 Maret 2012 – Pengurus lembaga pendidikan dasar dan menengah yang berada di bawah Kemenag Depag sedang ketar-ketir. Pasalnya, dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) yang semestinya cair pada Februari 2012 sampai 1 Maret 2012 belum juga keluar. Padahal lembaga setingkat SD dan SMP yaitu MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan MTS (Madrasah Tsanawiyah) sangat menggantungkan biaya operasional sekolah seperti gaji guru dan biaya operasional lain pada dana BOS. Sementara, dana BOS untuk SD dan SMP sudah cair pada bulan Februari 2012.

Yang menjadi masalah dari keterlambatan ini adalah proses penyaluran dana dari kemenag pusat yang sampai saat ini belum mendapat “kiriman” dari kemenkeu (Kementerian Keuangan). Saat ini anggarannya masih ditandai bintang, artinya belum bisa dicairkan. menunggu dari pemerintah pusat.

Besaran dana BOS Rp 580 ribu per siswa untuk tingkat MI per tahun, dan Rp 710 ribu per siswa untuk tingkat MTs per tahun. Besaran dana BOS itu dibagi empat tahapan penyaluran per triwulan. Triwulan I sebesar Rp 145 ribu per siswa untuk MI dan Rp 177.500 per siswa untuk MTs

Apabila dana BOS untuk SD dan MTS belum juga cair sampai akhir bulan Maret, maka opeasional sekolah seluruh Indonesia di kedua lembaga tersebut akan sangat terganggu. Oleh karena itu, banyak penyelenggara MI dan MTs mulai mempertanyakan kenapa dana BOS belum juga cair untuk triwulan I tahun 2012 ini.

Seperti diberitakan harian Pikiran Rakyat (21/02/2012), Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kab. Bandung mempertanyakan belum cairnya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) MI dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Padahal, SD dan SMP di bawah lingkungan Dinas Pendidikan sejak pertengahan Januari lalu sudah bisa menggunakan BOS.

Mengapa resah? Karena, “Mi-MI swasta mengandalkan sebagian besar bahkan 100 persen dari dana BOS,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala (MK2) MI Kab. Bandung, H. Seproni Hidayat pada harian Pikiran Rakyat.

Para penyelenggara sekolah MI MTS di Garut juga resah. Seperti diberitakan tugasmedia.com, akibat adanya keterlambatan pencairan dana BOS tersebut, pembayaran honor kepada guru tidak tetap dan sukwan, terpaksa berhutang kepada pihak ketiga.

Suara keresahan dari Kabupaten Bandung dan Garut tersebut seakan mewakili kekuatiran para penyelenggara MI MTS swasta di daerah-daerah l`in di seluruh Indonesia.

Dana BOS 2012 di Kemenag untuk tingkat MI mencapai Rp 1,8 triliun untuk sekitar 3,1 juta siswa. Sedangkan untuk jenjang MTs, dana BOS mencapai Rp 1,9 triliun untuk 2,7 juta siswa.

Dana BOS untuk Pesantren

Kemenag juga mengalokasikan dana BOS unttk pesantren terbuka setaraf MI. Total dana BOS untuk pesantren ini mencapai Rp 92,3 miliar untuk 169.562 santri.

Serta dana BOS untuk pesantren terbuka setaraf MTs sebesar Rp 215,3 miliar untuk 303.330 santri. Alokasi dana BOS yang diterima masing-masing santri disamakan dengan dana BOS untuk MI dan MTs.

Kapan akan Cair?

Menurut jadwal, dana BOS semestinya dapat cair sekitar bulan Januari atau Februari. Maret adalah bulan terakhir pencairan dana BOS untuk triwulan I. Tapi, melihat kenyataan sekarang, tampaknya bulan Maret inipun belum tentu akan cair.

Penyebab keterlambatan ini menurut Kasie Mapendais Kementerian Agama Kandepag Kabupaten Garut, Cece Hidayat adalah, “proses pencairanya masih menunggu keputusan Mendagri.”

Intinya, tidak ada jaminan bahwa dana BOS akan cair pada bulan Maret ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Flickr Photos

%d blogger menyukai ini: