Beranda » Beasiswa » Beasiswa S1 Guru Madrasah Diniyah (Madin)

Beasiswa S1 Guru Madrasah Diniyah (Madin)

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya calon mahasiswa yang diberi kesempatan untuk bisa mengikuti program ini haruslah yang memiliki latar belakang pendidikan keagamaan dan terutama sekali adalah guru / ustadz yang sudah mengabdi pada lembaga Diniyyah. Jika pada penerimaan mahasiswa program MADIN sebelumnya tidak dikenai persyaratan pembatasan umur, maka untuk kali ini pihak panitia memberikan batasan usia peserta minimal 22 tahun dan maksimal 45 tahun pada tanggal 1 September 2012 ini.

BEASISWA GURU MADIN TAHUN 2012-2013

Beasiswa guru madin tahun 2012/2013 yang dicanangkan oleh Pemprov Jatim bekerja sama dengan sejumlah universitas di Jawa Timur antara lain di bawah ini:

UNISMA MALANG

Pendaftaran calon mahasiswa baru penerima Beasiswa Madin Prodi PAI ini mulai dilaksanakan sejak tanggal 2 Agustus – 16 Agustus ( untuk Tahap Pertama ) dan tanggal 24 – 28 Agustus 2012 ( untuk tahap Kedua ), sesuai jam kerja yakni pukul 09.00 – 13.00 WIB. Proses seleksi calon mahasiswa melalui ujian lisan berupa tes membaca kitab ” Fathul Qarib” yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2012 pukul 08.30 di Gedung F Unisma. Bagi peserta ujian yang lulus ujian lisan diharuskan mengikuti ujian Psikotes yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2012.

Adapun pengumuman kelulusan peserta ujian dapat dilihat di papan pengumuman FAI UNISMA, atau di http://www.fai-unisma.ac.id pada tanggal 3 september 2012. Informasi lebih detil tentang persyaratan dan formulir pendaftaran silahkan klik di sini

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Beasiswa Studi S1 Untuk Guru/Ustadz Madrasah Diniyah

Kesempatan untuk melanjutkan studi jenjang S1 bagi Guru/ustadz Madrasah Diniyah dengan dukungan beasiswa dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur bagi calon mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun akademik 2012/2013 dengan kuota terbatas.

Persyaratan dan info detail dapat dilihat di sini.

Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung di tempat pendaftaran (Kantor Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

BEASISWA GURU MADRASAH DINIYAH (MADIN) TAHUN 2011-2012

Beasiswa S1 Guru Madrasah Diniyah (Madin) 2011-2012
Tahun 2011 Pemprov Jatim akan meningkatkan kualitas guru Madrasah Diniyah (SD) dengan memberikan beasiswa kepada 10 ribu guru se Jatim.

Mereka akan mendapat kesempatan untuk menempuh kuliah gratis hingga gelar sarjana. Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah IV, Prof Nur Syam, Senin (3/1) mengatakan, program kuliah gratis ini diharapkan mampu meningkatkan standar kompetensi guru madrasah maupun pesantren.

Menurut Nur Syam, dari program ini setiap tahunnya setidaknya ada 1.500 ustadz Madrasah Diniyah yang akan meraih gelar sarjana.

Pemprov Jatim hingga saat ini sudah meluluskan sekitar 4.350 pengajar Madrasah Diniyah. Sementara sebanyak 4.670 lainnya masih menempuh pendidikan di kampus-kampus.

“Solusi paling tepat mengatasi pengangguran dan kemiskinan adalah pendidikan. Karena itu, kualitas pendidikan harus dibenahi secara serius.Tidak boleh ada perbedaan antara sekolah umum dan diniyah,” kata rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Jawa Timur Dr Rasiyo mengatakan, Pemprov Jatim memberikan bantuan keuangan bagi ratusan ribu santri dan guru di Madrasah Diniyah serta guru swasta dengan sistem sharing anggaran dengan pemerintah kota/kabupaten seluruh Jatim.

Menurut Rasiyo, para santri yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah meliputi 911.935 orang yang tersebar di ratusan pesantren seluruh Jawa Timur. Untuk para santri ini, pemerintah menganggarkan bantuan Rp 182 miliar. Sedangkan untuk guru Madrasah Diniyah yang dibantu sejumlah 28.612 orang dengan besaran anggaran Rp 103,003 miliar.(red)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Flickr Photos

%d blogger menyukai ini: