Beranda » Pesantren » Kurikulum Mahad Aly

Kurikulum Mahad Aly

Ma’had Aly (ejaan lain, mahad ali, makhad ali, maahad aly) adalah pendidikan tingkat tinggi setara universitas khusus bidang agama Islam. Ma’had Ali biasanya berada di pesantren dan merupakan kelanjutan dari madrasah diniyah (madin) tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah atau tingkat ula, wustho dan ulya. Kurikulum ma’ah aly bervariasi tergantung pesantren masing-masing. Berikut beberapa kurikulum ma’had aly di sejumlah pesantren.

Pondok Pesantren Al-Khoirot berencana membuka program Ma’had Aly pada tahun ajaran 2012/2013.

DAFTAR ISI

  1. Kompetensi Dasar
  2. Kompetensi Utama
  3. Kompetensi Tambahan


APA ITU MA’HAD ALY

Pengertian Ma’had Aly

Ma’had Aly adalah bentuk Pendidikan Tinggi Khas Pesantren yang secara unique berbeda dengan Perguruan Tinggi pada umumnya. Ma’had Aly eksis, tumbuh dan berkembang dalam dunia pesantren. Ia adalah lembaga pendidikan ulama tingkat tinggi sebagai lanjutan dari pendidikan dan pengajaran madrasah diniyah tingkat Aliyah atau yang sederajat.

Ma’had Aly pada dasarnya adalah lembaga pendidikan tinggi yang sepenuhnya dirancang dan dikelola oleh masyarakat. Basis Ma’had Aly tidak lain adalah pesantren-pesantren yang terbesar di seluruh wilayah di Indonesia. Berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya, Ma’had Aly selama ini dibiarkan dan diberi kesempatan berkembang atas dasar kemauan dan kesanggupan para pengelolanya. Di satu sisi, hal ini menunjukan kelandirian pesantren yang luar biasa dalam memenuhi kebutuhannya sendiri untuk mencetak ulama. Namun di sisi lain, kenyataan ini menunjukan lemahnya perhatian pemerintah yang masih sangat kurang dalam memberdayakan dan sekaligus mendayagunakan Ma’had.


VISI MISI MA’HAD ALY

Visi

Visi Ma’had Aly dalam abad 21 ini adalah menjadi salah satu pusat studi Islam di Indonesia. Diyakini sepenuhnya bahwa budaya, karya-karya ulama, cendikiawan dan ilmuan-ilmuan muslim Indonesia mampu menjadi sumber kajian Islam mengiringi pusat-pusat kajian Islam dari Timur Tengah, Eropa, Amerika dan Negara-negara lain yang juga menyimpan sumber-sumber akademik ajaran Islam.

Misi

Sesuai dengan visi di atas, maka misi Ma’had Aly adalah Pertama: mengadakan kajian Islam secara Kaffah, dan komprehensip atau holistik agar bangsa dan negara Indonesia mampu menghadapi tantangan zamannya atau mampu hidup terhormat dalam tatanan kehidupan internasional modern tanpa kehilangan jati dirinya. Kedua, Ma’had Aly rnengembangkan sistem Pondok Pesantren yang mampu menjadi sumber pengembangan IPTEKS (ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni) lengkap pemanfaatannya dalam bingkai ajaran Islam. Melalui misi kedua ini, diharapkan Ma’had Aly dapat memberikan sumbangan yang substansial dan konstruktif bagi bangsa dan negara Indonesia secara terus-menerus mencari penyempurnaan Sistem Pendidikan Nasionalnya.


KURIKULUM MA’HAD ALY AL-FITHRAH

A. KOMPETENSI DASAR

Hadits Akhlak-Tashawuf, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits, Tauhid, Tarikh, Balaghoh, Tehnik Penulisan Karya Ilmiyah

B. KOMPETENSI UTAMA

Ahkamul Qur’an Ahkamul Hadits Fiqih Fiqhul Muqorin Usul Fiqih Usul Fiqih Muqorin Qowa’idul Fiqih Faroid Hikmah Wa Tarikhut Tasyri’

C. KOMPETENSI TAMBAHAN

Ihya’ Ulumuddin Mantiq Asasus Tadris Psikologi Pendidik`n Metode Pembelajaran Pengelolaan Kelas Metode Da’wah
Praktek Mengajar Arudh Falak

KURIKULUM MA’HAD ALY AL-WAHDAH MAKASSAR

A. Mata Kuliah Dasar Umum

Aqidah Islam, Tafsir Ayat Pilihan, Kutubus Sittah, Manhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah, Adyan wa Firaq wa Madzahib Fikriyah, Sirah Nabawiyah, Tarikh al-‘Alam al Islamiy wa Hadhiruhu.

B. Mata Kuliah Alat Analisis

Hapalan al-Qur’an, al-Qur’an wa ‘Ulumuhu, al-Hadits wa ‘Ulumuhu, Nahwu, Sharaf, Balaghah,Siyar A’lam ad-Da’wah.

C. Mata Kuliah Konsentrasi

Ushul Fiqh, Fiqh, Maqashid as-Syari’ah, al-Fiqh al-Muqaran, al-Qadha’ al-Islamiy, Fiqh al-Mawarits, al-Madkhal li Dirasatil Fiqh, as-Syarikat al-Maliyah al-Islamiyah, Qawaid Fiqhiyah, Fiqh an-Nawazil, Tafsir Ayat Ahkam, Syarh Ahadits Ahkam, as-Siyasah as-Syar’iyah.

D. Mata Kuliah Keterampilan

Psikologi Pendidikan, Metode Pembelajaran, Ushul Da’wah, Manahij al-Bahts wa al-Mashadir, Ko-Kurikuler, KKA, Ujian Komprehensif, Skripsi, Dirasah Ta’shiliyah.

E. Mata Kuliah Pilihan

Aplikasi Komputer, Manajemen Kewirausahaan, Manajemen Strategi, Keterampilan Praktis.


KURIKULUM MA’HAD ALY AL-TARMASI PACITAN JATIM

1. PROGRAM STUDI

1. Program studi ini berstatus S-1, berlangsung selama 4 (empat) tahun berturut-turut. Setiap tahun terdiri dari 2 (dua) semester.
2. Program Studi di Ma’had Aly al Tarmasi Sementara Fakultas syariah dengan kajian Fiqih dan Ushul Fiqih.
3. Kurikulum Ma’had Aly disusun sesuai dengan tujuan pendidikan, yaitu mengkaji bidang studi Agama Islam dengan program kekhususan ilmu yang terbagi dalam 5 (lima) program Keilmuan :
a. Program Pengajian pendalaman Tafsir
b. Program Pengajian pendalaman Hadits
c. Program Pengajian pendalaman Fiqih dan Ushul Fiqih
d. Program Pengajian pendalaman Ilmu Alat
e. Program Pengajian pendalaman Tasawuf

2. METODE BELAJAR

Proses belajar mengajar seluruhnya disampaikan dengan mengunakan Bahasa Indonesia seta bahasa arab. Adapun klasifikasi program belajar sebagai berikut :

1. Dirasah Yaumiyyah disampaikan dengan metode :

1. Ceramah dan dialog interaktif
2. Pengajian model bandongan dan sorogan
3. Studi kepustakaan literatur klasik keagamaan
4. Tadris wa at-ta’lim
5. Muhadatsah / Muhawaroh
6. Penugasan penulisan ilmiah

2. Kegiatan extra

1. Mudzakaroh / kajian mendalam terhadap kitab-kitab tertentu untuk penguasaan bidang studi dengan bimbingan dosen bidang studi
2. Membahas Masa’il Fiqhiyyah, Maudlu’iyyah dan Waqi’iyyah


DOWNLOAD JUKLAK PENGEMBANGAN MA’HAD ALY

Petunjuk pelaksanaan atau juklak untuk pengadaan Ma’had Aly yang diterbitkan oleh Depag/Kemenag dapat didownload di sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Flickr Photos

%d blogger menyukai ini: