Beranda » Pesantren Alkhoirot » Mengapa Blog Melorot

Mengapa Blog Melorot

blog melorotYang namanya melorot itu terkesan tidak enak dan malu-maluin. Baju melorot, celana mlorot dan blog melorot. Sama tidak enaknya, bukan? Apa penyebab blog melorot? Pada dasarnya blog memiliki dua halaman penting yg diintegrasikan jadi satu. Pertama, sidebar, yaitu bagian samping sebuah blog tempat menu arsip, menu link posting dan link alamat blog teman-teman kita. Kedua, halaman posting, tempat postingan atau artikel kita tampil secara penuh.

Kedua faktor penting–side bar dan halaman artikel– itu sudah dibentuk sedemikian rupa supaya terintegrasi secara pas dan enak dipandang dalam satu halaman. Nah, apabila salah satu dari kedua faktor tsb. dimasukin sesuatu yg melebihi ukuran, maka terjadilah blog yg melorot/mlorot tadi. Dengan kata lain, melorotnya blog itu terjadi karena ada sesuatu (plug-in, banner, chicklet, search engine, dll) yg dipasang di sidebar atau halaman artikel yg melebihi ukuran alias kepanjangan/kelebaran alias oversized.
1. Sidebar

Umumnya ukuran lebar maksimum yg bisa dipasang di sidebar blogger/blogspot tidak boleh melebihi 200 pixel. Idealnya 160 pixel. Apabila melebihi 200 pixel, maka sidebar akan melorot ke bawah, dan terjadilah pemandangan yg “memalukan” tsb.

2. Halaman Posting

Artikel yg ditulis di halaman posting umumnya akan secara otomatis menyesuaikan diri dg lebar halaman. Akan tetapi, ada beberapa karakter tulisan yg tidak bisa menyesuaikan diri dg lebar halaman, dan apabila ini terjadi, maka sidebar juga akan melorot. Berikut beberapa contoh karakter yg tidak dapat turun sendiri.

Beberapa contoh karakter tulisan yg tidak bisa menyesuaikan diri dg lebar halaman adala sbb:

a. Alamat link URL

Alamat link URL terkadang sangat panjang sampai melebihi panjang halaman posting, dan repotnya ia tidak bisa menyesuaikan diri. Apabila ini terjadi, maka sidebar kita akan melorot. Solusinya, “bungkus” alamat link yg panjang tsb. supaya pendek dg menambah kode
<a href="alamat url"> nama blog/judul artikel </a>

Contoh: alamat URL http://afsyuhud.blogspot.com menjadi
<a href="http://afsyuhud.blogspot.com" mce_href="http://afsyuhud.blogspot.com">Blogger Indonesia</a>
, maka hasilnya akan menjadi seperti ini–> Blogger Indonesia. Mudah bukan?

b. Beberapa karakter seperti tanda minus “—” atau garis bawah “___” atau sama dengan “========” kalau ditulis sangat panjang melebihi lebarnya alokasi halaman posting juga akan membuat sidebar kita melorot.

c. Plug-in dan Banner

Hati-hati dalam memasang banner iklan, iklan adsense, atau search engine di halaman posting. Lebarnya jangan melebihi kapasitas halaman posting karena akan membuat sidebar Anda melorot.

Apabila kesalahan-kesalahan yg tsb. di atas tidak terdapat di blog Anda, tapi blog masih saja melorot, maka berarti ada kesalahan kode HTML Cara termudah untuk mengatasi hal ini adalah dg membuat template baru. Sebelum merubah template baru, jangan lupa untuk men-saving link-link yg sudah terpasang di sidebar untuk nantinya dapat dipasang lagi. Untuk posting tidak perlu kuatir, begitu template baru dipilih, arsip file posting akan muncul kembali.[]

Pasang link http://afsyuhud.blogspot.com di sidebar blog Anda, Anda akan mendapat link balik (linkback) di blog populernya yg masuk peringkat TOP TEN blog Indonesia terbaik versi Majalah Tempo.

Artikel terkait seri tips, kiat dan cara membuat dan promosi blog:

1. Membuat Blog
2. Cara Praktis Promosi Blog (1)
3. Cara Praktis Promosi Blog (2)
4. Beasiswa Google Adsense
5. Kiat Membuat Abstraksi atau Read More! di Blogspot
6. Menu Arsip Pull-Down / tarik ulur
7. Permasalahan Posting Abstraksi atau Read More!
8. Pasang Foto di Profile Blogspot
9. Memaksimalkan Kerja Blogger atau Blogspot
10. Membuat Link di Posting & Window Baru
11. Aksesoris Blog
12. Apa itu Feed, RSS dan XML?
13. Technorati: Direktori blog, Tag & Bookmark Online
14. Promosi Blog: Google Sitemap
15. Mengapa Juwono Sudarsono nge-Blog
16. Cara Mendaftar Google AdSense
17. Google Adsense Referral
18. Agregator Blog Indonesia
19. Membuat Link di Sidebar
20. Membuat Menu Pull-Down
21. Blogger Versi Baru (BETA)

Iklan

1 Komentar

  1. Dhy4n berkata:

    Mas blog punya mas juga kalo diliat di Kompi saya kok sidebarnay dibawah ya? ( Saya pake IE ).Apa settingan IE sayanya yg ga bener ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Flickr Photos

%d blogger menyukai ini: